Review – Rouge Velvet Matte Lip Cream – Lippielust

Udah pernah denger brand lokal baru Y.O.U Makeups? Y.O.U Makeups (akronim: Youthful. Outstanding. Unique.) secara resmi hadir di pasar kosmetika Indonesia sejak bulan Juni 2018, dengan rangkaian produk kosmetik lengkap termasuk lipstik, mascara, cushion, eyeshadow palette, dan masih banyak lagi. Gak cuma itu, Y.O.U juga menyediakan beauty tools seperti makeup sponge dan juga brushes!

Nah, kali ini aku bakal review salah satu produk barunya Y.O.U yang baru saja dirilis kemarin (15 Mei 2019): Rouge Matte Lip Cream. Sebelumnya, aku udah pernah buat lip swatches dan reviewnya Y.O.U Color Matte Lipstick di Instagram:

Kali ini, giliran review produk yang masih terus digandrungi kamu hawa: lip cream!

Gak tanggung-tanggung, Y.O.U mengeluarkan 18 warna sekaligus untuk seri Rouge Velvet Lip Cream ini. Aku akan bahas mulai dari formula, ingredients list, varian warna beserta penjelasannya, dan yang terakhir, tentu aja staying power-nya.

About Rouge Velvet Lip Cream

Walaupun produk lokal, ternyata Y.O.U Rouge Velvet Lip Cream ini diproduksi di China, tepatnya oleh Guangzhou Hua Chu Xian Biotech Co., Ltd. dibawah kendali PT. HEBE BEAUTY STYLE (Y.O.U Makeups) sebagai distributor tunggal. Tapi jangan khawatir, karena semuanya udah terdaftar secara resmi di BPOM.

Berikut adalah 5 klaim dari Y.O.U untuk produk Rouge Velvet Lip Cream:

  • 18 Trendy Colors
  • Smooth & Lightweight
  • High Pigmentation
  • Quick dry & Transferproof
  • Longlasting

We’ll discuss about each point later! Menurutku, ada satu poin yang gak kalah pentingnya dari keunggulan Y.O.U Makeups ini: packaging-nya yang terasa luxurious dan cantik! Berbeda dari produk lip cream kebanyakan yang memiliki botol seperti tabung yang bulat, Rouge Velvet Lip Cream memiliki botol dengan bentuk seperti balok yang lebih pendek dan gemuk. Tutup botolnya berwarna emas dengan logo bertuliskan Y.O.U di salah satu sisinya.

Walaupun bentuk botolnya terlihat lebih pendek dan gemuk, tapi jangan salah isi produknya mencapai 4,5gr lho. Dengan harga 79,000,- (sekitar 17,500 rupiah per gramnya) produk ini bisa dibilang cukup terjangkau.

Nah, selanjutnya kita bahas tentang formulanya yuk!

Formula, Texture, Pigmentation

Formula Rouge Velvet Lip Cream ini lebih ke arah thick cream dimana teksturnya terasa velvety ketika diaplikasikan di bibir. Kental, tapi bukan seperti lip gloss. Warnanya sangat mudah diratakan dengan bantuan doe-foot applicator yang pipih dan panjang. Bantalan aplikatornya ini fleksibel dan berserabut, sehingga kita gak perlu berkali-kali mencelupkannya ke dalam botol pada saat proses aplikasi.

Pigmentasinya pun cukup baik. I mean, ini bukan lip cream yang benar-benar opaque makanya namanya ‘velvet’ karena memang terasa dan terlihat seperti velvet. Pigmentasi oke, tapi finishnya tetap terlihat natural. Ketika diaplikasian di kulit, tekstur kulit akan tetap terlihat, gak di dominasi oleh layer lipstik yang tebal.

Pasti ada pertanyaan tentang: Apakah formulanya konsisten di setiap warna? Menurutku, setiap warnanya memiliki konsistensi formula yang sama, baik untuk warna muda seperti Valentine, Peach, Salmon, begitupun warna-warna medium dan gelapnya. Karena sepertinya Y.O.U memberikan treatment yang berbeda untuk setiap warnanya (please check the ingredients list below), seperti misalnya penambahan Aluminum Hydroxide pada warna 05 Elegant, 08 Coco, dan 11 Valentine yang berfungsi sebagai opacifying (agar warna tersebar secara merata / gak bolong-bolong di bibir). Selain itu, penambahan Sunflower Seed Oil pada warna 09-18 yang berfungsi sebagai antioksidan tambahan.

Nah, sekarang, gimana teksturnya setelah produk mengering jadi transferproof matte? Produk ini mengering jadi transferproof matte dalam waktu yang cukup singkat, sekitar 1 menit. Setelah mengering, teksturnya menjadi terasa sangat tipis di bibir dan terasa sangat ringan seperti gak pake lipstik sama sekali. One thing you should know, hasil akhir dari lip cream ini fleksibel: gak akan terasa kaku dan ‘pecah’ ketika kamu senyum atau tertawa lebar.

Satu-satunya a big let down adalah wanginya. Aku kurang suka lip cream atau lipstik in general dengan wangi yang terlalu kuat dan sayangnya, lip cream ini memiliki wangi semacam buah-buahan yang cukup kuat. In my opinion, sebetulnya akan lebih baik jika wanginya tidak terlalu kuat sehingga terasa lebih segar dan tidak berlebihan.

One tip for you:

Seperti halnya transferproof matte Lip Cream kebanyakan, jangan diaplikasikan di atas bibir kering dan pecah-pecah karena justru inilah yang akan membuat kebaikan dari formulanya menjadi tidak baik. Kulit mati di bibir akan terlihat sangat jelas, dan daya tahannya pun akan berkurang.

Staying Power

Karena nyaman dipakai, Rouge Velvet Lip Cream ini bisa tahan lama di bibir. Satu-satunya ‘musuh’ dari lip cream ini adalah apapun yang berminyak jadi ketika dipakai makan atau sekedar cemil-cemil doang, pasti bakal ada lapisan yang luntur terutama di bagian tengah bibir. Selama yang kamu konsumsi berbahan air, maka lip cream akan tetap stay di bibir. Bahkan ketika buat arm swatches pun warna-warnanya tetap stay dengan baik sampai akhirnya dibersihkan dengan oil-based makeup remover.

Price & Where to Buy

Harganya: 79,000,- (sekitar 17,500 rupiah per gramnya). Kalian bisa beli melalui marketplace shopee karena Y.O.U punya official online storenya disana atau kalian bisa mengunjungi offline store-nya di Bandung!

Color Variation

  • 01 CHIC – beige pinkish nude (salah satu warna termuda dari seri ini. Cocok untuk kulit fair.)
  • 02 NAKED – pinky nude (warna dengan medium-tone, cocok untuk semua warna kulit.)
  • 03 CHARMING – soft warm pink (warna pink muda, cocok untuk fair-medium.)
  • 04 SASSY – bright pink (warna pink cerah yang fresh, cocok untuk semua warna kulit.)
  • 05 ELEGANT – vivid magenta pink (warna pink keunguan yang cerah, cocok untuk semua warna kulit)
  • 06 KELLY – reddish brown (warna coklat kemerahan, cocok untuk semua warna kulit.)
  • 07 CALLA – watermelon pink (warna pink+orange yang cerah dan cantik, cocok untuk semua warna kulit.)
  • 08 COCO – brownish red (berbeda dengan Kelly, Coco memiliki warna merah yang lebih banyak. Cocok untuk semua warna kulit.)
  • 09 LATTE – peachy light brown (warna coklat muda yang memiliki hint peach. Cocok untuk semua warna kulit.)
  • 10 PEACH – bright peach (warna peach yang cerah. cocok untuk kulit fair-medium.)
  • 11 VALENTINE – bright light pink (warna pink muda yang cerah. cocok untuk kulit fair.)
  • 12 SALMON – pinkish-orange color (warna pink+orange yang cerah. Cocok untuk fair-medium.)
  • 13 RASPBERRY – mauve pink (one of cult’s favorites warna pink soft keunguan. Cocok untuk semua warna kulit.)
  • 14 DESIRE – peachy mauve (berbeda dari Raspberry, Desire lebih terasa ‘warm’. Cocok untuk semua warna kulit)
  • 15 CARMELA – soft purple-pink (warna ungu muda dengan warna pink yang cukup kuat. Cocok untuk semua warna kulit.)
  • 16 HAVANNA – deep muted red (warna merah tua dengan hint keunguan. Cocok untuk semua warna kulit.)
  • 17 LACE – reddish pink (warna merah + pink. Cocok untuk semua warna kulit.)
  • 18 HONEY – bright red (warna merah terang. Cocok untuk semua warna kulit.)

Perlu diingat bahwa deksripsi warna bukan dari brand bersangkutan, tapi hasil dari riset kecil-kecilanku. Jadi jika ada kesalahan dalam mendeskripsikan warna, mohon dimaklumi ya!

=  Warna favoritku.

Okay then… akhirnya selesai juga reviewnya! Review ini tidak disponsori oleh pihak manapun. Semoga bisa membantu memutuskan mau beli yang mana yaaa  See you Lippielusters!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *